Sabtu, 12 Desember 2009

Teacher: Work Of Heart

Classroom Management Style

Sebagai guru kita tidak terlepas dari kecenderungan kepribadian kita sendiri dalam mengajar. Meski demikian, selayaknya kita memberikan yang terbaik bagi anak didik kita demi terciptanya generasi yang utuh, berkepribadian luhur, dan memiliki jiwa tuk selalu memperbaiki diri. Kita sendiri sebagai orang dewasa merupakan produk dari penerapan pola asuh orang tua kita di masa kanak-kanak sampai dengan remaja. Dengan demikian banyak hal dalam perilaku kehidupan kita merupakan cermin dari pola pengasuhan ayah dan ibu kita. Oleh karenanya penting bagi kita tuk mengenali kelebihan dan kekurangan sebagai akibat dari pola asuh orangtua kita terhadap gaya kita mengajar atau pun memanage kelas.Seyogyanya sebagai guru kita harus dapat bersikap seobjektif dan akomodatif dalam memfasilitasi beragam model anak didik di dalam kelas. Atas dasar tujuan pengenalan keperibadian untuk melihat kecenderungan terhadap gaya mengajar tersebut, saya ingin sedikit berbagi informasi mengenai gaya mengajar yang di pengaruhi oleh pola asuh orangtua kita. Semoga dapat diambil manfaatnya bagi para pendidik...amin.

Yang Manakah Anda…?

Authoritarian


Diadaptasi dari tipe pengasuhan Authoritarian

n Tidak ada diskusi, satu arah hanya dari guru ----anak tidak punya kesempatan mengembangkan kemampuan berkomunikasi

n Disiplin, ada aturan dan kontrol yang cukup ketat

n Kadangkala tampak tidak perduli pada kebutuhan anak

Authoritative

n Diadaptsi dari tipe pengasuhan Authoritative

n Anak diberi kesempatan berdiskusi, ada tanya jawab, ada kesempatan mengembangkan kemampuan berkomunikasi

n Ada aturan namun anak tetap didorong untuk mandiri

n Anak dapat menginterupsi guru di kelas

n Biasanya banyak memberi tugas yang sifatnya project

L

n Diadaptasi dari pengasuhan Indulgent

n Memiliki batasan atau kontrol namun tidak menerapkan secara & inkonsisten --- perasaan anak lebih diutamakan daripada kontrol kelas untuk tujuan akademis

n Guru sulit membedakan kehidupan pribadi dengan sikap profesional

n Anak tidak punya kontrol diri dan cenderung tidak berprestasi

n Anak tidak belajar perilaku sosial yang dapat diterima secara umum

Indifferent

n Diadaptasi dari pengasuhan Neglectful

n Tidak terlibat dengan anak

n Tidak mau menerapkan aturan yang jelas pada anak

n Persiapan kelas bukan hal yang penting---cenderung menggunakan lesson plan yang sama dari tahun ke tahun

n Kebutuhan anak tidak terperhatikan, anak merasa terabaikan

n Jika ada waktu sisa anak dibiarkan melakukan apapun yang mereka suka, tanpa arahan

Temukan gaya orisinal sendiri

Fokus pada tujuan anda sebagai guru

GOOD LUCK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Strike!

Kesadaran Literasi Anak Usia Dini

Pernah dimuat di https://zedutopia.wordpress.com/2019/10/30/eksplorasi-sensori-awal-kesadaran-literasi/ EKSPLORASI SENSORI AWAL KESADA...