Kamis, 10 Desember 2009

Classroom Management Style

Halo ibu dan bapak guru...ini adalah sedikit review dan refleksi bagi kita semua tuk lebih meningkatkan kualitas diri sebagai pendidik bagi murid-murid kita tersayang...Semoga bermanfaat

Yang manakah anda...?

Authoritarian
 Diadaptasi dari tipe pengasuhan Authoritarian
 Tidak ada diskusi, satu arah hanya dari guru ----anak tidak punya kesempatan mengembangkan kemampuan berkomunikasi
 Disiplin, ada aturan dan kontrol yang cukup ketat
 Kadangkala tampak tidak perduli pada kebutuhan anak

Authoritative
 Diadaptsi dari tipe pengasuhan Authoritative
 Anak diberi kesempatan berdiskusi, ada tanya jawab, ada kesempatan mengembangkan kemampuan berkomunikasi
 Ada aturan namun anak tetap didorong untuk mandiri
 Anak dapat menginterupsi guru di kelas
 Biasanya banyak memberi tugas yang sifatnya project

Laissez Faire
 Diadaptasi dari pengasuhan Indulgent
 Memiliki batasan atau kontrol namun tidak menerapkan secara & inkonsisten --- perasaan anak lebih diutamakan daripada kontrol kelas untuk tujuan akademis
 Guru sulit membedakan kehidupan pribadi dengan sikap profesional
 Anak tidak punya kontrol diri dan cenderung tidak berprestasi
 Anak tidak belajar perilaku sosial yang dapat diterima secara umum

Indifferent
 Diadaptasi dari pengasuhan Neglectful
 Tidak terlibat dengan anak
 Tidak mau menerapkan aturan yang jelas pada anak
 Persiapan kelas bukan hal yang penting---cenderung menggunakan lesson plan yang sama dari tahun ke tahun
 Kebutuhan anak tidak terperhatikan, anak merasa terabaikan
 Jika ada waktu sisa anak dibiarkan melakukan apapun yang mereka suka, tanpa arahan

Temukan gaya orisinal sendiri
Fokus pada tujuan anda sebagai guru

GOOD LUCK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Strike!

Kesadaran Literasi Anak Usia Dini

Pernah dimuat di https://zedutopia.wordpress.com/2019/10/30/eksplorasi-sensori-awal-kesadaran-literasi/ EKSPLORASI SENSORI AWAL KESADA...