trying my best to be kind, honest and have a courage
Sabtu, 12 Desember 2009
Teacher: Work Of Heart
Classroom Management Style
Sebagai guru kita tidak terlepas dari kecenderungan kepribadian kita sendiri dalam mengajar. Meski demikian, selayaknya kita memberikan yang terbaik bagi anak didik kita demi terciptanya generasi yang utuh, berkepribadian luhur, dan memiliki jiwa tuk selalu memperbaiki diri. Kita sendiri sebagai orang dewasa merupakan produk dari penerapan pola asuh orang tua kita di masa kanak-kanak sampai dengan remaja. Dengan demikian banyak hal dalam perilaku kehidupan kita merupakan cermin dari pola pengasuhan ayah dan ibu kita. Oleh karenanya penting bagi kita tuk mengenali kelebihan dan kekurangan sebagai akibat dari pola asuh orangtua kita terhadap gaya kita mengajar atau pun memanage kelas.Seyogyanya sebagai guru kita harus dapat bersikap seobjektif dan akomodatif dalam memfasilitasi beragam model anak didik di dalam kelas. Atas dasar tujuan pengenalan keperibadian untuk melihat kecenderungan terhadap gaya mengajar tersebut, saya ingin sedikit berbagi informasi mengenai gaya mengajar yang di pengaruhi oleh pola asuh orangtua kita. Semoga dapat diambil manfaatnya bagi para pendidik...amin.
Yang Manakah Anda…?
Authoritarian
Diadaptasi dari tipe pengasuhan Authoritarian
nTidak ada diskusi, satu arah hanya dari guru ----anak tidak punya kesempatan mengembangkan kemampuan berkomunikasi
nDisiplin, ada aturan dan kontrol yang cukup ketat
nKadangkala tampak tidak perduli pada kebutuhan anak
Authoritative
nDiadaptsi dari tipe pengasuhan Authoritative
nAnak diberi kesempatan berdiskusi, ada tanya jawab, ada kesempatan mengembangkan kemampuan berkomunikasi
nAda aturan namun anak tetap didorong untuk mandiri
nAnak dapat menginterupsi guru di kelas
nBiasanya banyak memberi tugas yang sifatnya project
L
nDiadaptasi dari pengasuhan Indulgent
nMemiliki batasan atau kontrol namun tidak menerapkan secara & inkonsisten --- perasaan anak lebih diutamakan daripada kontrol kelas untuk tujuan akademis
nGuru sulit membedakan kehidupan pribadi dengan sikap profesional
nAnak tidak punya kontrol diri dan cenderung tidak berprestasi
nAnak tidak belajar perilaku sosial yang dapat diterima secara umum
Indifferent
nDiadaptasi dari pengasuhan Neglectful
nTidak terlibat dengan anak
nTidak mau menerapkan aturan yang jelas pada anak
nPersiapan kelas bukan hal yang penting---cenderung menggunakan lesson plan yang sama dari tahun ke tahun
nKebutuhan anak tidak terperhatikan, anak merasa terabaikan
nJika ada waktu sisa anak dibiarkan melakukan apapun yang mereka suka, tanpa arahan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar